Langsung ke konten utama

Mutiara Hati

Bagian Ke-4

Penulis Adji Subela

Esok petangnya, diam-diam surat saya serahkan pada Kucik dengan isyarat agar ia diam-diam pula menerimanya, tak perlu ada kehebohan. Saya jelas akan repot nantinya.
Harapan saya ternyata tidak tercapai. Surat itu oleh Kucik ditunjukkannya kepada kakaknya, Tengku Kamaliah, serta ibunya. Matilah saya!
Kakaknya tentu saja tertawa terpingkal-pingkal melihat kepolosan adik kecilnya itu. Entah kepada siapa lagi Kucik membawa surat itu, saya tidak pernah tahu. Bahkan hingga Kucik berpulang ke Rahmatullah, saya tidak pernah menanyakan surat itu lagi. Bagi saya surat itu sudah menjadi milik pribadinya yang tak boleh saya tanya-tanyakan lagi, apalagi untuk memintanya kembali, tentu akan lucu sekali jadinya, bukan?
Tentu saja pada pertemuan berikutnya, saya merasa kikuk dan malu kepada Tengku Kamaliah. Akan tetapi pendidikan Barat mereka sungguh luar biasa. Beliau minta saya bersabar menghadapi Kucik. Tapi terdapat kesan sekilas, Tengku Kamaliah nampaknya mendukung hubungan saya dengan adiknya. Itu terbukti dalam pertemuan-pertemuan berikutnya, di mana kami berdua ditinggalkannya, dan bahkan Kucik pun dibiarkannya menyajikan sendiri minuman dan makanan kecil. Biasanya tugas itu menjadi tanggung jawab pembantu mereka. Sekarang mereka ada di mana saat itu? Mungkin bersembunyi sambil ketawa-ketawa, saya tidak tahu.
Ketika pertama kalinya kami duduk berdua memang sulit bagi saya untuk membuka kata. Topik apa yang harus saya jual kepada si polos ini? Namun kelihatannya tidak bagi Kucik. Ia tetap tenang-tenang saja seolah tak ada persoalan baginya sehingga pada hari-hari berikutnya, adegan mengalir dengan amat sangat lancarnya. Topik diskusi tidak pernah habis! Dan kami selalu bergantian menjadi tukang cerita. Hubungan saya dengan Kucik pun semakin rekat. Saya tetap memanggilnya Kucik hingga akhir hayatnya, sedangkan dia memanggil saya Barkah. Bagi saya tidak menjadi masalah, namun Ibu Permaisuri ketika itu marah besar padanya. Beliau minta Kucik untuk memanggil saya dengan sebutan Kakak atau Abang, tapi Kucik tidak peduli, karena dengan memanggil nama saya langsung, ia merasa lebih akrab.
Pergi Keluar Bersama
Setelah berjalan kira-kira dua bulan, saya berpikir sudah waktunya mengajak Kucik untuk keluar makan angin, satu istilah di jaman itu untuk berjalan-jalan, berekreasi mencuci mata. Tempat yang paling tepat tentunya adalah gedung bioskop. Dapat dibayangkan, kala itu bioskop menjadi satu-satunya tempat mencari hiburan bagi muda-mudi kota Medan. Setiap kali ada film baru, gedung selalu dipenuhi penonton. Ada gedung bioskop Rex namanya. Ke sanalah saya dan Kucik mau pergi. Tidak mungkin membawa Kucik pada hari-hari biasa, sehingga saya pilihlah pada hari Sabtu malam Minggu. Barangkali orang di jaman sekarang akan membayangkan alangkah asyiknya kami berdua pergi ke bioskop guna memupuk cinta memadu kasih. Tapi tidak, betul-betul tidak!
Kami tetap dalam adat gaya Siti Nurbaya. Tak mungkin bagi saya untuk mengajak Kucik keluar rumah sendiri. Anak Sultan tidak patut berlaku seperti itu, sehingga ia perlu dikawal oleh anggota keluarganya. Barangkali pengawalan semacam ini bukanlah aneh di kala itu, tapi yang mengagetkan, pengawalan dilakukan oleh sekitar dua puluh orang lebih anggota keluarga almarhum Sultan Langkat, seperti kakak-kakak Kucik, ibu tiri, saudara tiri, sepupu, tante-tante, dan sebagainya. Jadi untuk utusan nonton film seperti itu, kami harus dikawal ‘satu peleton’ keluarga Kucik. Agaknya ini memang sudah adat kebiasaan mereka untuk selalu bersama, berkumpul dalam suasana suka maupun duka. Maka dari itu tidak mengherankan jika untuk rombongan ini, kami memerlukan dua baris kursi di gedung bioskop. Entah apa kata orang, yang jelas acara menonton itu kami lakukan berkali-kali beramai-ramai, kecuali Ibu Permaisuri yang tidak pernah ikut menonton.
Tentu saja untuk urusan membeli karcis atau tiket, saya tidak bisa melakukannya sendiri dengan cara mengantri misalnya. Saya cukup ‘perintahkan’ anak buah saya untuk mengurus karcis untuk ‘satu peleton’ penonton malam itu, dengan pembayaran dari saya sepenuhnya. Gaji saya sebagai Kapten bujangan sangat berlebih. Kala itu saya menerima Rp.150 per bulan, suatu jumlah yang lebih dari cukup. Dengan penghasilan sebesar itu saya mampu membeli kemeja Arrow yang berharga Rp.25,- per potong setiap bulan, sisa gaji saya pakai untuk menabung dan jajan. Uang karcis untuk menonton film di gedung bioskop waktu itu kurang dari serupiah per orang.
Biasanya setelah film usai kami langsung pulang ke rumah, tidak pernah mampir ke restoran untuk makan-makan seperti kebiasaan orang jaman sekarang. Penyebabnya yang pertama adalah, jumlah restoran di Medan waktu itu masih sedikit sekali. Kedua, mereka tidak suka datang ke restoran apalagi berjumpa orang lain di tempat tersebut. Yang paling bisa kami lakukan hanyalah membeli martabak dan kemudian menikmatinya bersama-sama di rumah. (Bersambung)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minyak Srimpi

          Pada era 50-an tak banyak produk minyak wangi yang beredar di pasaran, terutama yang harganya terjangkau oleh mereka. Oleh karena itu, minyak pengharum badan itu banyak diproduksi perusahaan-perusahaan kecil guna memenuhi kebutuhan pasar akan pengharum. Oleh karena formulanya sederhana dan memakai bahan-bahan atau bibit minyak wangi yang terjangkau, maka dapat dikatakan hampir semua minyak wangi yang beredar waktu itu baunya nyaris seragam.           Satu merk yang popular pada saat itu, dan ternyata masih eksis hingga sekarang adalah minyak wangi cap Srimpi. Minyak ini dikemas dalam botol kaca kecil berukuran 14,5 ml, dengan cap gambar penari srimpi, berlatar belakang warna kuning.           Pada masa itu minyak Srimpi dipakai oleh pria maupun perempuan klas menengah di daerah-daerah. Baunya ringan, segar, minimalis, belum memakai formula yang canggih-canggih seperti halnya minyak wangi jaman sekarang.            Ketika jaman terus melaju, maka produk-produk

Pak RT ogah lagu Barat

                          Sudah lama Pak RT yang di serial Bajaj Bajuri selalu berpenampilan serba rapi, rada genit dan sedikit munafik tapi takut istri ini tak nampak dari layar kaca TV nasional. Sejak serial Bajaj Bajuri yang ditayangkan TransTV berhenti tayang, Pak RT yang bernama asli H. Sudarmin Iswantoro ini tidak muncul dalam serial panjang. Walaupun begitu ia masih sering nongol di layar kaca dengan peran yang nyaris tetap yaitu Ketua RT, Ketua RW, guru atau ustadz.             Di luar perannya sebagai Pak RT tempat si Bajuri (Mat Solar), dengan istrinya si Oneng (Rike Diah Pitaloka)   dan mertuanya yang judes plus licik (Hj. Nani Wijaya) berdomisili, H. Darmin (panggilannya sehari-hari yang resmi sedangkan merk-nya yang lain tentu saja “Pak RT”) adalah pria yang berpembawaan santun dan halus.             Barangkali pembawaannya itu dilatarbelakangi oleh pendidikannya sebagai seorang guru. Mengajar merupakan cita-citanya sejak kecil. Sebagai anak kelima

Nasi Goreng Madura di Pontianak

                Kurang dari dua tahun lalu, Imansyah bersama istrinya Siti Hamidah dan dua anaknya merantau ke Pontianak, Kalbar, dari kampung halamannya di Bangkalan, Madura. Di kota muara Sungai Kapuas ini mereka tinggal di rumah seorang kerabatnya yang mengusahakan rumah makan nasi goreng (Nas-Gor) di Sui Jawi. Pasangan ini belajar memasak nasi goreng khas Madura. Akhirnya setelah memahami segala seluk-beluk memasak nasi goreng, ditambah pengalamannya berdagang di kampungnya dulu, Imansyah dan istrinya membuka rumah makan nasi gorengnya sendiri, diberi nama Rumah Makan Siti Pariha di Jalan S. A. Rahman.   Di sini mereka mempekerjakan dua orang gadis kerabatnya guna melayani langganannya. RM Siti Pariha menarik pembelinya dengan mencantumkan kalimat: Cabang Sui Jawi. Rumah makan yang terletak berderet dengan rumah makan khas masakan Melayu serta sate ayam Jawa ini buka dari pukul 16.00 petang hingga pukul 23.00 atau hingga dagangannya ludes. Setiap hari RM Siti Par