Minyak Srimpi




          Pada era 50-an tak banyak produk minyak wangi yang beredar di pasaran, terutama yang harganya terjangkau oleh mereka. Oleh karena itu, minyak pengharum badan itu banyak diproduksi perusahaan-perusahaan kecil guna memenuhi kebutuhan pasar akan pengharum. Oleh karena formulanya sederhana dan memakai bahan-bahan atau bibit minyak wangi yang terjangkau, maka dapat dikatakan hampir semua minyak wangi yang beredar waktu itu baunya nyaris seragam.
          Satu merk yang popular pada saat itu, dan ternyata masih eksis hingga sekarang adalah minyak wangi cap Srimpi. Minyak ini dikemas dalam botol kaca kecil berukuran 14,5 ml, dengan cap gambar penari srimpi, berlatar belakang warna kuning.
          Pada masa itu minyak Srimpi dipakai oleh pria maupun perempuan klas menengah di daerah-daerah. Baunya ringan, segar, minimalis, belum memakai formula yang canggih-canggih seperti halnya minyak wangi jaman sekarang.
           Ketika jaman terus melaju, maka produk-produk minyak wangi yang lebih “canggih” bermunculan, apalagi jenis wewangiannya berbeda, maka minyak wangi cap Srimpi mulai tertepikan. Pemakainya beralih ke kelompok masyarakat berpenghasilan lebih rendah, seperti para pesinden, dan sebagainya. Wanginya yang khas memberi cap yang spesifik.
            Kini di tengah persaingan minyak wangi produk asing serta edisi “palsunya” di kios-kios refill ternyata minyak wangi cap Srimpi produksi Ratu Liv, Solo, Jawa Tengah itu masih bertahan. Pasarnya sudah berbeda dibandingkan tahun 50-an dulu. Sekarang minyak wangi ini tidak menempati rak-rak toko besar, tapi lebih banyak ditemukan di kios-kios kembang, berdampingan dengan kemenyan, dupa, belerang, dan berbagai alat upacara tradisional lainnya.
           Selain di pasar tradisional, minyak ini dapat juga dijumpai di lapak penjual bunga di dekat pekuburan. Yang jelas, hingga tahun 2012 Abad ke-21 ini minyak legendaris cap Srimpi bertahan di pasarnya sendiri, membawa aroma kenangan romantisme pada masa dekade 50-an dahulu. Lagu-lagu keroncong dan lagu-lagu daerah ketika itu semarak saat Republik kita masih berusia remaja.

Minyak Srimpi

Minyak Srimpi ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers
Ayo berkomentar dengan baik!
Komentar menggunakan sistem moderasi. Gunakan nama asli / alias untuk berkomentar, bukan judul post atau nama produk. Komentar dengan link mengarah ke post / produk mungkin tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar