Sederhana, Warung Soto Betawi Ini Bertahan 16 Tahun

Soto Betawi. Khas.
Tekun. Tampaknya ini kunci bisnis yang ampuh. Di bidang bisnis makanan-minuman atau kuliner, ketekunan dalam menjajakan dagangannya menjadi kunci membentuk konsumen fanatik.
Bila sudah mendapatkan pelanggan fanatik, maka bisnis pun lancar sambil terus membangun konsumen baru untuk masa mendatang. Apapun model rasa masakannya, bila terus dijajakan dalam lingkup konsumen tertentu, maka akan tercipta penikmat yang setia.
Paling tidak itu yang dialami Abdul Gani (52 th) alias Bang Gani. Pria kelahiran Pisangan Baru, Jatinegara, Jakarta Timur, ini mampu bertahan 16 tahun berjualan soto Betawi di Depok Timur, Jawa Barat. Jangan dikira ia memiliki gerai mewah dan “heboh” dengan slogan aneh-aneh, tapi justru di pinggir jalan yang bukan jalan utama. Sederhana saja, tapi dari warung itu ia mampu mengantarkan  tiga anaknya berkuliah di universitas ternama.
Warung di pinggir Jalan Danau Toba, hanya beberapa meter dari Jalan Raya Bahagia, dan menempel di pagar rumah penduduk ini diberi nama “Soto Betawi Bang Gani”, pada satu papan nama berlatar warna hijau muda.

Mantan “PHK-wan”
Krisis ekonomi 1997 lalu disusul krisis multi-dimensi yang melanda tanah air 1998, memaksa ribuan karyawan kehilangan pekerjaan termasuk Bang Gani. Ia harus menerima pensiun dini dari sebuah perusahaan konstruksi plat merah. Tapi pria murah senyum ini cepat mengambil keputusan yaitu berjualan soto Betawi. Ia memang memiliki latar belakang usaha kuliner. Sejak kelas empat SD ia sudah membantu encing-nya (tantenya) yang sukses membuka rumah makan ayam goreng Bu Haji di Jatinegara yang populer. Bang Gani kebagian “seksie” persotoan. Dari situ ia mempelajari bumbu dan teknik pengolahan soto Betawi yang terkenal memiliki rasa intens.
Bang Gani dengan latar belakang warungnya.
Maka sejak tahun 2000 ia membangun warung sotonya di pinggir Jalan Danau Toba, Depok Timur. Barangkali “hokkie” Bang Gani memang di bisnis kuliner. Baru buka warung itu saja, ia mampu menjual tiga kilogram daging sapi. Jumlah itu meningkat terus. Kini ia menghabiskan 8 (delapan) kilogram daging sapi untuk soto, ditambah babat 10 kgm, paru-paru 6 (enam) kgm, kikil 8 (delapan) kgm, daging kepala sapi 8 (delapan) kgm. Warung buka pukul 11.00 siang dan dagangannya habis sekitar pukul 21.00.
Kelihatannya Bang Gani mampu membangun selera pelanggannya. “Malah ada warga Manado yang punya saudara di Depok Timur. Kalau dia datang, langsung pesan tiga mangkok soto Betawi, tanpa nasi, sebab katanya nasi sih di mana-mana sama,” tuturnya sembari ketawa.
Dokter Sukarto, dokter militer TNI AU yang berdomisili di Cibinong, yang dulu terkenal dengan terapi herbalnya serta memiliki hobby membangun dan menerbangkan pesawat baling-baling tunggal, juga menjadi pelanggannya. Supirnya yang diutus membeli soto Betawi Bang Gani. Biasanya lima bungkus, satu di antaranya khusus daging sapi untuk dr. Sukarto.
Pada suatu hari si supir datang hanya membeli empat bungkus. Bang Gani bertanya kenapa. “Ternyata menurut si supir, dokter Sukarto sudah meninggal dunia,” kata Bang Gani dengan wajah sedih.

“Diversifikasi produk”
Sop iga, produk susulan
Tentu saja pada awal bisnisnya Bang Gani banyak menghadapi tantangan, terutama ketika harus mengenalkan warung dan gaya soto Betawinya. Selain itu persaingan dengan pedagang makanan lain cukup ketat. Ia optimis sebab di wilayah sekitarnya soto Betawi belum ada waktu itu.  Pelanggan juga minta sop iga sapi yang mulai populer beberapa tahun lalu. Ia masakkan sop iga dan menjadi “ikon” kedua setelah soto Betawi. Ia pun juga membuat soto ayam.
Kini setelah 16 tahun berjalan, konsumen pelanggannya menuntut lebih. Mereka minta ayam goreng dan ayam bakar seperti milik Bu Haji dulu. Maka di seberang warung lamanya ia membangun warung lagi untuk gerai ayam bakar dan ayam goreng. Sekarang ia memerlukan 30 ekor ayam hidup yang ia potong sendiri guna menjamin kualitas dan kehalalannya. Pada hari Sabtu dan Minggu jumlah itu meningkat menjadi 45 hingga 60 ekor, sedangkan untuk soto ayam saja perlu 15 ekor.
Sejumlah pelanggan mengusulkan membuka nasi goreng, juga ia turuti, dalam sehari kini memerlukan nasi 5 (lima) kilogram. Kenapa tidak memasak soto Betawi berbahan daging kambing seperti aslinya soto ini, ia bilang sembari ketawa, “Orang takut ama daging kambing.” Pembeli baru kerap bertanya soto Betawinya daging sapi atau kambing? Ketika dijawab daging sapi, mereka baru mau beli.

Sederhana saja
Mengenai kemungkinan membuat rumah makan yang lebih besar dan bagus, ia dengan halus menolak. Banyak pelanggan yang tak setuju sebab takut harganya menjadi mahal dan kurang akrab seperti sekarang. Calon investor kerap datang minta bekerjasama dengannya. Ia sering menolak. Suatu saat datang seorang pengusaha Kalimantan yang meminta dia mengajari karyawan si pengusaha untuk memasak soto hingga komplet. Orang itu menawarkan uang dalam jumlah sangat besar. Bang Gani juga menolak. Ia hanya ingin bekerjasama bila tetap berperan. Ia belum berpikir untuk membuka cabang, sebelum yakin betul.
Anak kedua siap-siap memanggang ayam
Ada lagi seorang chef dari hotel berbintang lima untuk mentest sotonya. Ia datang kembali dan minta kerjasama dengan hanya menjual kuah sotonya tanpa isian. Sebenarnya Bang Gani setuju tapi harganya tidak sesuai jadi kerjasama gagal.
Mengenai “regenerasi” Bang Gani menyiapkan salah seorang anak lelakinya untuk menggantikan kelak. Ia dianggap mampu memasak seperti resepnya selain si anak sendiri menunjukkan semangat berusaha warung makanan. “Saya pernah sakit, dirawat, lalu saya suruh anak saya itu memasak dan mengantar hasilnya. Saya rasakan ternyata ia mampu memasak seperti olahan saya,” tuturnya.
Ia khawatir adanya pergeseran rasa dagangannya. Ia meniru Ibu Haji yang mengharuskan masing-masing masakan ditangani satu orang yang bertanggung jawab.
Bang Gani kini boleh lega akan kelangsungan usahanya. 

Sederhana, Warung Soto Betawi Ini Bertahan 16 Tahun

Sederhana, Warung Soto Betawi Ini Bertahan 16 Tahun ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers
Ayo berkomentar dengan baik!
Komentar menggunakan sistem moderasi. Gunakan nama asli / alias untuk berkomentar, bukan judul post atau nama produk. Komentar dengan link mengarah ke post / produk mungkin tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, terima kasih.

1 komentar: